Aplikasi Editing Video yang Diterapkan dalam Seni

Saya sangat suka mengabadikan momen momen yang saya lakukan, saat saya sedang jalan - jalan bersama keluarga, teman maupun pacar. Kebanyakan orang biasanya mengabadikan momen tersebut dengan berfoto selfie ria dan kemudian di upload disosial media, baik instagram, path, facebook dan masih banyak lagi. Lain dengan saya, saya biasanya mengabadikannya dalam bentuk video editing, kalian pasti sudah sering melihat video editing seperti itu kan..

Kenapa saya lebih suka memilih video editing, karena menurut saya video itu lebih enak dilihat, tidak cepat bosan saat menontonnya, apalagi dipadukan dengan musik-musik kesukaan kita sendiri. Dan dengan video juga kita bisa mengenang kejadian - kejadian dimasa yang akan datang, entah 5 tahun lagi atau 10 tahun lagi. Rasanya sangat menyenangkan bukan. Untuk membuat video editing semacam itu tentunya harus ada aplikasinya bukan, dizaman modern ini banyak sekali aplikasi - aplikasi editing video yang bertebaran didunia, salah satunya yang biasa saya pakai untuk mengedit video.

Kali ini saya akan memberikan sedikit review aplikasi yang biasa saya gunakan yaitu Corel Video Studio Pro X8, dan untuk produk Adobenya yaitu Adobe Premier Pro dengan Adobe After Effect.

1. Corel Video Studio Pro X8


Untuk aplikasi ini saya sering sekali menggunakannya unruk kegiatan editing video, Corel Video Studio itu keluaran dari produk corel, dilihat dari namanya juga sudah kelihatan, aplikasi ini mempunyai dua varian, yaitu Corel Video Studio Pro X8 dan Corel Video Studio.
 Unlimited X8. Dari dua varian ini terdapat perbedaan- perbedaan yang mungkin belum anda ketahui

Perbedaan utama dari varian Pro dan Unlimited adalah kelengkapan fiturnya, pada versi Unlimited terdapat 30 fitur yang menarik, 5 dari 30 fitur akan saya jelaskan.

- Clearer Audio
Fitur ini untuk mendeteksi dan mentuning background sound dan dialog.

- XAVCS
Standar baru untuk kamera video yang mengusung MP$ dan mendukung Ultra HD $K dengan resolusi 3840 x 2160

- Creativity Options
Efek pilihan dengan menyesuaikan bagaimana objek overlay menyatu dengan latarbelakang, fitur ini juga bisa membuat video menjadi transparan dengan mencampurkan warna.

-Freezy Frame
Salah sat opsi terbaru dari aplikasi ini, dengan fitur ini anda dapat dengan mudah memilih bingkai gambar dan bisa mengaturnya.

2. Adobe After Effect

Seperti yang tadi saya sudah jelaskan After Effect adalah produk dari Adobe, After Effect juga mempunyai banyak versinya, kalian bisa googling sendiri, After Effect ini menghasilkan efek yang sangat bagus, walaupun saya belum pernah menggunakan aplkasi ini, saya hanya melihat sekilas di youtube, dan hasilnya memang sangat fantastis, Kalau kalian penasan bisa melihat video di youtube, klik saja link ini : https://www.youtube.com/watch?v=Kca0rkX-LL4






3. Adobe Premier Pro

Adobe Premier adalah program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional terutama yang suka bereksperimen seperti saya :). Aplikasi ini banyak digunkan oleh perusahaan pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting dana pertelevisian, bahkan Youtubers juga banyak yang menggnaka aplikasi ini.

Adobe Premier Pro memiliki ekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganilisikan klip video dan audio. Aplikasi ini memiliki 30 macam transisi atau biasa disebut perpindahan antar-klip sehinggan peralihan antara klip video satu dengan klip video lainnya lebih dinamis.

Aplikasi jenis ini juga memliki fitur fitur penting, antara lain : Capture, Monitor Trim,  dan Titler Monitor.Pada Titler kita bisa membuat video judul dan mengubag propertiya serta teks seperti mengubah bentuk huruf, memberi  dan mengubah warna , memberi kountur, garis luar, membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan, agar tampilan judul/ teks lebih menarik.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adobe Premier Pro CC - Menggabungkan beberapa gambar dengan video dalam satu layar

Membuat Video Project mengunakan Corel VideoStudio X8

Penerapan Komputasi Modern di Bidang Geografi pada website Badan Meteorologi, Klimateologi, dan Geofisika (BMKG)