Perbandingan Dua Perusahaan dan Perusahaa yang Baik
Perbandingan Perusahaan Lapak Mandor dengan Persahaan Fajar
Sanubari Travel
- Dilihat dari struktur organisasi yang berbeda, pada FST jabatan tertinggi adalah BOD dan terdapat cooperator yang tidak di miliki dari perusahaan Lapak Mandor
- Dilihat dari jasa yang disediakan dari kedua perusahaan tersebut, Lapak Mandor mempunyai jasa yang unik, yang mungkin perusahaan lain tidak terfikirkan untuk menyediakan jasa tersebut, sedangkan jasa layanan FST yang disediakan, untuk sekarang sudah banyak.
- Sanubari Travel sudah ada produk jadi atau aplikasi nya untuk customer
Kriteria perusahaan yang baik
Perusahaan merupakan suatu lembaga yang diorganisir dan
dijalankan untuk menyediakan barang atau jasa kepada masyarakat dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan. Karena itulah, apabila suatu perusahaan tidak berhasil
mendapatkan keuntungan melalui barang atau jasa yang mereka tawarkan dalam
jangka waktu tertentu perusahaan mereka akan mengalami kesukaran atau bisa di
bilang kebangkrutan.
Karena itulah, keuntungan merupakan suatu dasar kebutuhan
bagi perusahaan agar dapat tetap hidup. Namun dalam prakteknya, tidak ada yang
bisa menjamin suatu perusahaan akan terus menerus mendapatkan laba atau
keuntungan seperti yang di inginkan. Namun dengan manajemen yang baik,
perusahaan tersebut dapat memperbesar kesempatannya untuk bisa memperoleh
keuntungan.
Pertanyaannya adalah bagaimana cara perusahaan tersebut
dapat membuat sebuah manajemen yang baik? Perusahaan yang baik adalah perushaan
yang memiliki keriteria sebagai berikut :
1. Sumber daya
manusia yang kompeten
Dalam sebuah perusahaan pastinya memiliki pegawai-pegawai
yang telah diposisikan di bidangnya masing-masing. Sebuah perusahaan yang baik
perlu memiliki pegawai yang kompeten dan berkualitas, sehingga dalam fase
perekrutan pegawai diperlukan prosedur-prosedur yang jelas, tepat sasaran, dan
efisien. Hal ini berarti, calon pegawai bukan hanya seorang fresh graduate
dengan IPK yang tinggi tetapi tidak memiliki skill sesuai dengan bidang
pekerjaannya.
2. Mempunyai
surat ijin perusahaan
Didalam membangun dan mengelolah usaha tentunya kita harus
mempunyai tempat tinggal untuk mengolahnya gunanya kita mempunyai surat izin
usaha adalah untuk tanda bukti kepada pemerintahan atau lembaga pajak kalau kita menduduki tempat itu dengan
resmi dengan kata lain tidak ilegal
3. Memiliki
target yang jelas
Supaya mengalami kemajuan yang signifikan dan tidak jalan di
tempat, perusahaan memang menetapkan target yang harus dipenuhi. Selain supaya
kondisi perusahaan tetap stabil
4. Mempunyai
strategi manajemen
Pentingnya peranan strategi manajemen bagi perusahaan
- Memberi arah jangka panjang yang akan dituju.
- Membantu perusahaan atau organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi.
- Membuat suatu perusahaan atau organisasi menjadi lebih aktif.
- Mengidentifikasi keunggulan komparatif suatu perusahaan atau organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko.
- Aktivitas yang tumpang tindih akan dikurangi.
- Keengganan untuk berubah dari karyawan lama dapat dikurangi.
- Keterlibatan karyawan dalam perubahan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya.
- Kegiatan pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan atau organisasi tersebut untuk mencegah munculnya masalah di masa mendatang.
5. Memberikan kesejahteraan bagi pegawainya
6. Sistem manajemen sesuai dengan visi dan misi
Komentar
Posting Komentar