Requirement Document
Requirement Document
Aplikasi Pemesanan
Barang Pada Pelaku Industry Kreatif
1.
Pendahuluan
Pasar industri kreatif
adalah sebuah potensi luar biasa yang dimiliki oleh bangsa ini dalam menghadapi
peresmian AFTAN (ASEAN Free Trade Area) pada era digital yang kini memasuki
industri 4.0. Hal tersebut tentunya harus disikapi secara bijak dan tepat oleh
berbagai pihak. Sehingga, kemajuan teknologi dapat berdampak signifikan bagi
pertumbuhan ekonomi dalam negri dan meningkatkan potensi persaingan dagang.
Kami bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis teknologi yang nantinya
diharapkan dapat terus mendorong masyarakat dalam berwirausaha dan menumbuhkan
jiwa berkompetisi yang ideal.
Saat ini belum banyak
pelaku usaha khususnya pada industry kreatif dalam mengaplikasikan mobile
market sebagai salah satu cara efektif dalam penjualan produk. Padahal, potensi
tersebutlah yang sangat dibutuhkan saat ini. Mengingat mobile marketing dapat
merubah nilai pandang masyarakat terhadap keberadaan pelaku usaha industry
keratif menjadi lebih baik. Tidak sampai disitu saja, semua kegiatan penjualan
termanajemen dengan baik dan dapat mengurangi berbagai kesalahan yang kerap
terjadi pada proses tradisional.
2.
Tujuan Proyek /Project
Goals
Tujuan dari proyek ini adalah :
- Meningkatkan nilai
pandang masyarakat terhadap keberadaan
pelaku usaha pada level IMKM
- Memudahkan para
customer dalam mendapatkan informasi seputar produk dari sebuah pelaku usaha
- Membantu pelaku
usaha dalam memanajemen pemesanan melalui satu jalur
- Membantu pelaku
usaha dalam mamanajemen barang dan produk yang tersedia pada toko
- Memperkenalkan suatu
sistem pembelanjaan online kepada masyarakat.
3.
Fungsi- fungsi Utama /
Major Function
Fungsi utama dari proyek ini yaitu :
- Pelaku usaha dapat
mengetahui data pemesanan yang diajukan dengan tepat, cepat, dan akurat secara
real time.
- Mempermudah proses
pemesanan barang oleh customer dimanapu dan kapanpun.
- Memperkecil
kemungkinan kesalahan dari yang biasa terjadi pada proses transaksi manual atau
tradisional
- Memastikan segala
data yang dibutuhkan akan didapatkan oleh pelaku usaha.
- Pembeli dapat
mengetahui status pemesanan barang.
4.
Keluaran umum
Keluaran umum dari proyek ini yaitu :
- Data dari barang yang
akan diperjual belikan
- Data pesanan yang
masuk dari pemesan kepada penjual
5.
Informasi Masukkan
Yang Umum (General Information Inputs )
Pada aplikasi ini akan
terdapat daftar barang yang dipesan oleh customer dengan disertakan form
pengisian data diri pemesan yang meliputi : Nama pemesan, Alamat Pemesan, Nomor
telpon dan Tanggal pengiriman barang.
6.
Performance/Pekerjaan
Dalam melakukan
pemesanan barang pada aplikasi, waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh pengguna
berdasarkan lamanya waktu yang diperlukan customer dalam menentukan barang apa
saja yang akan dibeli dan berapa banyak jumlah barang yang dipesan.
7.
Pertumbuhan/Growth
Berkaitan dengan
perkembangan sistem pemesanan barang melalui aplikasi, sistem ini akan terus
berkembang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan baik dari customer maupun
penjual. Seperti halnya pengembangan menambah pilihan jenis pembayaran yang
dapat dilakukan oleh customer.
8.
Pengoperasian dan
Lingkungan (Operation and Environment )
Pengoperasian akan
dilakukan di tempat pengguna yang berhubungan dengan media online. Sistem
pemesanan berbasis mobile application ini akan dipergunakan oleh :
- Customer :
Sebagai pihak yang memasukan input data pemesanan barang.
- Admin
: Sebagai pelaku monitoring
pada aplikasi dan manajemen data produk.
- Programmer : Melakukan perbaikan pada sistem jika terjadi
kesalahan.
9.
Penggabungan,
interface (Compatibility, Interface).
Penggabungan teknologi
informasi yang berkaitan dengan interface semuanya pengerjaannya melalui sistem
yang terkoneksi dengan internet sehingga dapat terhubung dengan penyimpanan
data secara realtime, dalam hal ini menggunakan Firebase.
1.
Kepercayaan, kegunaan
(Reliability, Availability)
Pada tahap ini
merupakan gambaran jenjang waktu kegagalan-kegagalan yang terjadi beserta waktu
untuk memperbaikinya.
1.
Human Interface
(Komunikasi Manusia dan Komputer)
Human interface disini
merupakan suatu tindakan-tindakan yang dibutuhkan pengguna dalam menggunakan
sistem pemesanan online menggunakan mobile application, bagaimana cara customer
dapat menentukan jenis dan banyak kuantitas barang yang dipesan. Serta tahap
pengisian form pemesanan dengan tampilan semenarik mungkin, dan dengan sistem
yang mudah untuk digunakan sehingga pengguna
merasa nyaman dalam melakukan proses pemesanan barang.
2.
Pengaruh
Keorganisasian (Organization Impact)
Pengaruh
keorganisasian ini sangat penting dan berpengaruh dalam mendorong masyarakat
dalam berwirausaha dan menumbuhkan jiwa berkompetisi yang ideal melalui sistem
pembelanjaan online.
3.
Pemeliharaan dan
Support (Maaintenance dan Support)
Dalam hal maintenance
dilakukan sesuai dengan kebutuhan sistem. Jangka waktu normalnya sekitar 3
bulan sekali. Apabila terdapat masalah pada awal pemakaian sistem, maka
programmer akan mengevaluasi sistem tersebut dan sesegera mungkin
memperbaikinya.
4.
Dokumentasi dan
training (Documentation dan Training)
Dokumentasi dan
training di sini berkaitan dengan admin yang memegang kendali sistem. Admin
harus berpengalaman mengetahui berbagai macam kesalahan sistem. Admin juga
dapat bekerja sama dengan programmer dalam menyelesaiakan kesalahan yang
dihadapi saat memperbaiki sistem tersebut.
5.
Waktu dan Kondisi
Waktu operasional
pemesanan barang dapat dilakukan kapanun oleh customer selama kurun waktu 24
jam. Selagi device android terhubung dengan internet dan telah meakukan
penginstalan aplikasi. Sedangkan admin akan mengonfirmasi status pemesanan
dalam kurun waktu 09:00 – 16:00 atau waktu kerja.
6.
Terms And Conditions
Setiap pihak yang
berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform aplikasi
ini untuk kemudian membuka lapak,
menjual barang, membeli barang, menggunakan fitur/layanan, atau hanya sekadar
mengakses/mengunjungi Platform aplikasi ini. Sebagai penunjang bisnis dan
penyedia Platform perdagangan elektronik, aplikasi ini menjamin keamanan dan
kenyamanan bagi para Pengguna.
Sebagai pihak penyedia
Platform, Aplikasi ini tidak berperan
sebagai penjual barang, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual dan
Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Platform Aplikasi ini.
Komentar
Posting Komentar